728x90 AdSpace

Baru Dicoret
Thursday, 9 October 2014

Masjid Alien Terzibaba

Masjid adalah salah satu bangunan yang sangat mudah ditemui di Turki. Selain sebagai tempat ibadah umat Islam, Masjid di Turki sering kali menjadi objek wisata. Hal ini karena banyak masjid di Turki mempunyai nilai-nilai sejarah dan seni yang tinggi.

Berbeda dengan kota-kota lain di Turki yang menjadikan masjid-masjid kuno menjadi objek wisata, di sebuah kota kecil bernama Erzincan terdapat sebuah masjid modern yang sangat unik dan beda dari masjid-masjid lain yang ada di Turki, masjid ini bernama Terzibaba Cami.
Ketika pertama kali datang ke Masjid ini, Cak Gopar tidak percaya bahwa bangunan ini adalah sebuah masjid karena bentuknya yang tak seperti lazimnya masjid, hanya terdiri dari satu kubah pipih yang super besar menyerupai pesawat UFO dan dua menara.
Masjid Terzibaba adalah masjid yang tepat di bawah kubahnya dapat menampung jamaah terbanyak di Turki, yaitu sekitar 4000 orang, sedangkan jumlah total yang dapat ditampung di masjid ini sekitar 7000 orang.
Kemiripan dengan bentuk pesawat alien ini juga didukung ketika kita masuk ke dalam masjid. Di tengah masjid terdapat 3 kolam air bulat berukuran sedang yang di atasnya terdapat miniatur bola sebuah planet berputar.

Cak Gopar dengan latar 3 kolam dan satu miniatur planet. Sayang kolamnya lagi kosong :)
Dominasi bentuk lingkaran layaknya sebuah kepercayaan terhadap UFO atau planet dapat dilihat dalam masjid ini. Di depan Mihrab masjid atau tempat imam terdapat lingkaran seperti pintu, di atas mihrab dihiasi dengan beberapa lampu putih bulat pipih yang juga membentuk sebuah lingkaran, dan lampu tengah dihiasi dengan bintang-bintang.

Pose Cak Gopar di Mihrab Terzibaba Camii
Sebagaimana umumnya masjid-masjid di Turki yang mempunyai Muezzin Mahfili, yaitu sebuah tempat bangunan kotak di dalam masjid yang digunakan muezzin melantunkan azan, iqomah serta memimpin pembacaan zikir tesbihat setelah sholat berjamaah. Masjid Terzibaba juga mempunyai Muezzin Mahfili, namun berbentuk bulat dan seolah melayang sebagaimana sebuah planet.

Cak Gopar di bawah Muezzin Mahfili yang seolah melayang
Masjid ini juga memili Vaaz sebagaimana masjid-masjid lain di Turki, yaitu sebuah tempat yang biasanya imam masjid memberikan ceramah agama sebelum khutbah jum’at di mulai. Beberapa masjid juga seringkali imam masjid menggunakan Vaaz sebagai tempat membaca al-Qur’an sebelum sholat shubuh.

Cak Gopar bergaya duduk di atas Vaaz seolah memberi kajian kitab :) 
Mimbar atau tempat khotib memberikan khutbah di masjid Terzibaba juga unik, karena seperti mihrab, mimbar di masjid ini juga diawali dengan lingkaran bagaikan pintu masuk untuk naik ke atas mimbar yang tinggi itu. Di atas mimbar juga dihiasi dengan hiasan bulat bak planet luar angkasa.


Cak Gopar di atas mimbar Terzibaba camii
Namun dari sekian hal unik di Masjid Terzibaba, bagi Cak Gopar mihrab atau tempat imam lah yang paling menarik. Karena siapa saja yang duduk atau berdiri tepat di tempat imam kemudian dia mengeluarkan suara, maka suaranya akan menggema di seluruh masjid yang besar ini tanpa menggunakan microphone atau pengeras suara dan seluruh jamaah di masjid akan jelas mendengar suaranya. Adapun microphone yang ada di mihrab ini hanya agar suara dapat didengar di luar masjid.
Penampakan kubah dari dalam masjid. Nampak miniatur planet diatas 3 kolam, Muezzin Mahlifi dan Mimbar.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

2 blogger-facebook:

Item Reviewed: Masjid Alien Terzibaba Rating: 5 Reviewed By: Cak Gopar